FORUM KOMUNIKASI PEMUDA ISLAM


Latest topics
» Izwan Collection
Sat Feb 01, 2014 4:07 pm by Iwan Nirwana

» MAULID NABI DAN KONTROVERSI MAKNA BID'AH
Mon Jan 06, 2014 4:12 pm by Iwan Nirwana

» Bacaan Melihat dan Melewati Iringan Jenazah
Sat Jan 04, 2014 6:34 pm by Iwan Nirwana

» 1.2 TRILIUN RUPIAH HANYA UNTUK KEMBANG API
Thu Jan 02, 2014 6:41 pm by Iwan Nirwana

» lintas alam FKPI
Thu Dec 26, 2013 11:54 pm by Kalila

»  all sahabat-sahabat
Sat Sep 08, 2012 1:24 pm by agussonisetiawan

» Kisah Si Pitung Jagoan Betawi
Fri May 04, 2012 10:42 pm by Tamu

» Tips mempercepat koneksi internet anda
Fri Apr 13, 2012 1:47 pm by Sharingan Eyes

» Download lagu2 islami
Fri Apr 13, 2012 1:42 am by Iwan Nirwana

"JADWAL SHOLAT UNTUK DAERAH DKI JAKARTA DAN SEKITARNYA"
December 2016
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 

Calendar Calendar


nasihat orang tua untuk anaknya

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

nasihat orang tua untuk anaknya

Post by elsa on Thu Jul 08, 2010 10:32 am

Nasihat Orang tua Buat Anak Perempuan

Umamah Taghlubiyah, seorang wanita Arab terpandang menasehati anaknya Ummu Iyas binti Auf. Nasehat ini dia sampaikan ketika melepas putrinya itu menuju rumah suaminya saat dia dinikahkan.

Dia berkata, “Wahai anakku, Kalaulah nasehat boleh ditinggalkan karena kemuliaan budi dan ketinggian nasab keturunan, maka aku tidak akan menyampaikannya padamu. Namun ia perlu disampaikan untuk mengingatkan orang baik dan menyadarkan yang lalai”.

Wahai anakku, jika seorang perempuan bisa melepaskan diri dari laki-laki dengan harta orang tuanya maka aku adalah orang yang paling bisa untuk itu. Tapi, itu tidak mungkin, anakku. Karena perempuan diciptakan untuk laki-laki. Dan sebaliknya, laki-laki diciptakan untuk perempuan.

Wahai anakku, saat ini engkau akan melangkah dari rumah ini, dimana kamu hidup dan dibesarkan. Kamu akan berangkat ke lembah yang belum kamu ketahui sama sekali dan akan ditemani seorang yang tidak pernah kau kenal selama ini. Makanya, dengarlah pesan-pesanku. Jadilah engkau bagaikan budak baginya, maka dia akan berlaku seperti itu pula untukmu.

Anakku, dengarkanlah, aku akan menyampaikan sepuluh wasiat untukmu. Jagalah wasiat ini. Ia akan menjadi penerang dan bekal bagimu dalam hidup.

Pertama, setia dan patuhlah padanya. Kepatuhanmu padanya akan melahirkan keridhaan Tuhan.

Kedua, qana’ahlah dengan apa yang diberinya. Sikap itu akan melahirkan ketenangan dalam jiwamu.

Ketiga, peliharalah pandangannya padamu. Jangan sampai dia melihat padamu sesuatu yang tidak disenanginya.

Keempat, pelihara penciumannya terhadapmu. Jangan sampai dia mencium darimu sesuatu yang tidak mengenakkan hidungnya.

Kelima, Jagalah waktu makannya. Sesungguhnya rasa lapar itu bagaikan bara yang bisa membakar kapan saja.

Keenam, jagalah waktu tidurnya. Sesungguhnya gangguan pada waktu tidur bisa menyulut amarah.

Ketujuh, jagalah harta dan rumahnya. Sesungguhnya yang demikian membuatnya menghargaimu.

Kedelapan, pelihara dan hormatilah anak dan keluarganya. Sesungguhnya hal itu melatihmu mengatur segala Sesuatu dengan baik.

Kesembilan, janganlah kamu buka rahasianya. Jika kamu melakukan itu, maka tidak bisa dijamin dia akan menjaga janjinya padamu.

Kesepuluh, janganlah kau melanggar perintahnya. Sesungguhnya yang demikian itu menyulut rasa cemburu dalam hatinya.

Dan perhatikanlah dua perkara. Janganlah kamu menampakkan kebahagiaan padanya jika dia sedang dirundung sedih. Jangan pula engkau menampakkan kesedihan di kala dia berbahagia.

Ketahuilah wahai anakku, sebesar apa penghormatanmu padanya sebesar itu dia akan menyanjungmu. Sejauh mana kamu bisa menyesuaikan pandanganmu dengannya seperti itu pula dia akan setia padamu.

Anak gadisku, sesungguhnya kamu tidak akan mampu melakukan itu semua kecuali jika kamu mampu mendahulukan kerihdaannya atas keinginan pribadimu, dan jika kamu mampu mengedepankan hasratnya atas hasratmu. Semoga Allah melimpahkan kebaikan padamu. Selamat jalan.

Nasehat yang sangat berharga dari seorang ibu yang baik.
Attachments
nasihat.jpg (21 Kb) Downloaded 215 times

elsa
Junior Member
Junior Member

Jumlah posting : 40
Points : 78
Reputation : 4
Join date : 18.12.09
Age : 24
Lokasi : ciledug,tangerang

Lihat profil user http://nusaholidays.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasihat orang tua untuk anaknya

Post by ◈◈╠⋙ايوان أوكي⋘╣◈◈ on Thu Jul 08, 2010 11:46 am

beuh.. kayaknya elsa mo meried neh.. udah dinasehatin kaya gitu.. hehe
jgn lupa undanganya ya...

_________________
فوروم كومونيكاسي فموده اسلام

◈◈╠⋙ايوان أوكي⋘╣◈◈
Member Senior
Member Senior

Jumlah posting : 53
Points : 100
Reputation : 7
Join date : 15.06.10
Lokasi : Depan komputer

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasihat orang tua untuk anaknya

Post by elsa on Thu Jul 08, 2010 12:55 pm

hhaa, masya Allah, masii lama kaya'ny mah bang iwan..
blum d'tnjukkin calon yang tepat,,
tpii klw persiapann dari jauh" harii bolh'kann..
hhee haha

elsa
Junior Member
Junior Member

Jumlah posting : 40
Points : 78
Reputation : 4
Join date : 18.12.09
Age : 24
Lokasi : ciledug,tangerang

Lihat profil user http://nusaholidays.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasihat orang tua untuk anaknya

Post by ◈◈╠⋙ايوان أوكي⋘╣◈◈ on Thu Jul 08, 2010 2:12 pm

owh.. ya boleh aja.. biar persiapanya tambah matang..

_________________
فوروم كومونيكاسي فموده اسلام

◈◈╠⋙ايوان أوكي⋘╣◈◈
Member Senior
Member Senior

Jumlah posting : 53
Points : 100
Reputation : 7
Join date : 15.06.10
Lokasi : Depan komputer

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasihat orang tua untuk anaknya

Post by Sharingan Eyes on Thu Jul 08, 2010 3:59 pm

Waduh, pada ngomongin married nih. jadi pengen deh.
terbahak terbahak terbahak

sharingan

Sharingan Eyes
::.::ADMINISTRATORS::.::
::.::ADMINISTRATORS::.::

Jumlah posting : 139
Points : 291
Reputation : 6
Join date : 30.11.09
Age : 26
Lokasi : Curug, Bojong Sari, Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user http://fkpi.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasihat orang tua untuk anaknya

Post by elsa on Fri Jul 09, 2010 3:36 pm

emank uda siap mntal dn fsik, material dan spiritual..
klw udaa, elsa d'undang yahh..
haha sip

elsa
Junior Member
Junior Member

Jumlah posting : 40
Points : 78
Reputation : 4
Join date : 18.12.09
Age : 24
Lokasi : ciledug,tangerang

Lihat profil user http://nusaholidays.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasihat orang tua untuk anaknya

Post by Sharingan Eyes on Sun Jul 11, 2010 8:58 pm

zopi

ssstt.. ngomong apaan sih. ga ena sama bang iwan tuh.
hahaha

terbahak terbahak terbahak

Sharingan Eyes
::.::ADMINISTRATORS::.::
::.::ADMINISTRATORS::.::

Jumlah posting : 139
Points : 291
Reputation : 6
Join date : 30.11.09
Age : 26
Lokasi : Curug, Bojong Sari, Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user http://fkpi.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasihat orang tua untuk anaknya

Post by Sponsored content Today at 9:27 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik